Page Nav

HIDE

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Sosraperda di Samarinda Seberang, Laila Perjuangkan UMKM Miliki Jaminan Produk Halal dan Higienis

 

SOSIALISASI: Hj. Laila Fatihah, SE, M.Si, saat Sosraperda di Jalan Rell RT.25 Samarinda Seberang- Foto Dokumentasi Agustina

GOKALTIM.COM, SAMARINDA - Legislator Samarinda Hj. Laila Fatihah, SE, M.Si, dengan penuh semangat memperjuangkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif DPRD Kota Samarinda Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal dan Higienis. 

Upaya ini dilakukannya dalam rangka memberikan payung hukum bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Samarinda untuk menjamin keamanan produk mereka dengan sertifikasi halal dan higienis.

Pada kegiatan sosialisasi yang diadakan pada Sabtu, 23 April 2024, pukul 20.00 WITA di Jalan Rell RT.25 Samarinda Seberang, Laila menekankan pentingnya Raperda ini bagi para UMKM. "Raperda ini menjadi landasan bagi para pelaku UMKM di Samarinda untuk meningkatkan kualitas produk mereka dan memberikan jaminan keamanan kepada konsumen," jelas Laila.

Lebih lanjut, Laila menjelaskan bahwa sertifikasi halal dan higienis tidak hanya meningkatkan kepercayaan konsumen, tetapi juga membuka peluang pasar yang lebih luas bagi UMKM. "Dengan produk yang terjamin halal dan higienis, UMKM Samarinda dapat menjangkau pasar yang lebih luas, baik di dalam maupun luar negeri," tuturnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Laila juga mengajak para UMKM untuk aktif terlibat dalam proses pembahasan Raperda ini. "Saya harap para UMKM dapat memberikan masukan dan saran untuk menyempurnakan Raperda ini sehingga benar-benar dapat menjawab kebutuhan dan kepentingan para pelaku usaha," ujarnya.

Upaya Laila dalam memperjuangkan Raperda Jaminan Produk Halal dan Higienis ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satu pelaku UMKM yang hadir dalam sosialisasi tersebut menyatakan dukungannya terhadap Raperda ini. Sebagai anggota Komisi II DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Laila Fatihah menunjukkan komitmennya yang kuat dalam memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Samarinda. Ia menekankan pentingnya produk UMKM yang terjamin halal dan higienis, dilengkapi dengan sertifikat sebagai validasi.

SOSIALISASI: Hj. Laila Fatihah, SE, M.Si, saat Sosraperda di Jalan Rell RT.25 Samarinda Seberang- Foto Dokumentasi Agustina

Menurut Laila, sertifikasi halal dan higienis menjadi faktor krusial dalam meningkatkan daya saing produk UMKM Samarinda. Hal ini sejalan dengan tren konsumen saat ini yang semakin memperhatikan kualitas dan keaslian produk, terutama terkait aspek kehalalan dan kebersihan.

"UMKM harus berbenah diri dengan meningkatkan kualitas produknya, salah satunya dengan memastikan kehalalan dan higienitasnya," ujar Laila dalam sebuah pernyataan baru-baru ini. "Sertifikat halal dan higienis akan menjadi nilai tambah bagi produk UMKM, sehingga dapat lebih mudah diterima oleh pasar, baik lokal maupun global."

Lebih lanjut, Laila menjelaskan bahwa sertifikasi ini tidak hanya memberikan kepercayaan kepada konsumen, tetapi juga membuka peluang bagi UMKM untuk memasuki pasar yang lebih luas, termasuk pasar ekspor. Ia pun mendorong Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kaltim untuk memberikan pendampingan dan fasilitasi kepada para pelaku UMKM dalam mendapatkan sertifikasi halal dan higienis.

"Pemerintah daerah harus proaktif dalam membantu UMKM untuk mendapatkan sertifikasi ini," ungkap Laila. "Dengan begitu, UMKM Samarinda dapat semakin maju dan berkembang, serta memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian daerah."

Dengan komitmen dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan UMKM Samarinda dapat terus berkembang dan menjadi sektor unggulan yang berkontribusi pada kemajuan ekonomi daerah. Produk-produk UMKM yang halal, higienis, dan berkualitas akan menjadi daya tarik bagi konsumen, baik di dalam maupun luar negeri. (AGS/AR)